Rabu, 23 November 2011

RINGKASAN MATERI TENTANG PERMINTAAN DAN PENAWARAN SUATU BARANG ELEKTRONIK

                              PERMINTAAN DAN PENAWARAN SUATU BARANG


      Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.


A. Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran

      Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu. Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran. Jika semua asumsi diabaikan (ceteris paribus) : Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya. Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.


B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)


  1. Perilaku konsumen/selera konsumen
  2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
  3. Pendapatan/penghasilan konsumen
  4. Perkiraan harga di masa depan
  5. Banyaaknya/intensitas kebutuhan konsumen


C. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)


  1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
  2. Tujuan Perusahaan
  3. Pajak
  4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
  5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan

D. Macam-macam Permintaan


  1. Permintaan menurut daya beli
  2. Permintaan menurut jumlah subjek pendukungnya


E. Macam-macam Penawaran


  1. Penawaran Individu
  2. Penawaran Kolektif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar